Mental Health

Ini Tentang Masa Depan Kita Semua

Ini Tentang Masa Depan Kita Semua Bicara masa depan mungkin yang terlintas adalah sekolah, perguruan tinggi, pekerjaan, cita-cita, pernikahan, keluarga baru, dan lainnya. Sekarang, hal yang harus kita pikirkan juga berkaitan dengan masa depan adalah keadaan bumi kita sendiri. Banyak banget cerita tentang hal-hal yang sifatnya rusak atau menyedihkan tentang bumi kita saat ini. Kebakaran, akumulasi plastik, pengelolaan sampah, bencana alam, dan masih banyak lagi. Untungnya dengan banyak pemberitaan tentang ini, banyak pula orang-orang yang perlahan mencoba mengubah pola hidupnya…

0
Read More

Topik Aman Untuk Lebaran

Topik Aman Untuk Lebaran Lebaran sebentar lagi! Artinya, bakal ada pertemuan-pertemuan di rumah tante ini, om itu, eyang ini, dan seterusnya. Dengan begitu, kita harus segera menyiapkan topik-topik obrolan supaya di setiap rumah kita gak berubah jadi mesin “Apa kabar?” dan menjawab pertanyaan-pertanyaan standar anggota keluarga lainnya seperti “Kuliah atau kerja dimana?” dan sejenisnya. Beberapa topik mungkin cukup basi, tapi kalau kalian cukup pintar menyetir topik ini bisa menjadi pembicaraan yang berlangsung lama. Berikut beberapa topik yang kepikiran: 1. Waktu…

0
Read More

Mengatasi Anxiety dengan Art Therapy

Anxiety disorder adalah salah satu gangguan kesehatan mental yang menyebabkan seseorang dapat merasa cemas berlebihan. Biasanya gangguan ini diikuti rasa takut dan khawatir. Oleh sebab itu, orang yang mengalami gangguan ini akan terganggu aktivitas sehari-harinya. Orang dengan anxiety disorder juga mudah mengalami mood swing (perubahan perasaan secara mendadak), sehingga dia dapat marah dan sedih kapan saja. Anxiety disorder juga dapat menyebabkan seseorang untuk menarik diri dari sekitarnya. Kini anxiety disorder dapat diatasi dengan berbagai cara, salah satunya adalah art therapy.…

0
Read More

Helping a Friend with Anxiety Attacks

Anxiety attack is an episode of intense panic and fear; and it usually comes at random times. I can personally describe anxiety attack is like a thief; it comes unexpectedly and unwanted. Therefore, no one actually can see it coming until the trigger appears. It could happen privately in your own house, but it also could happen in public like at school, work, or even cafe. If you have a friend whose anxiety gets worse at one point, here’s how…

0
Read More

Jangan Lupa Kasih Kabar

“Gue berangkat nih ke Jogja!” “Otw rumah lo,” “Masih di stasiun nih, keretanya belum dateng,” Mungkin untuk beberapa orang, kalimat ini udah cukup kalau dibales dengan kata-kata “Oke,” doang. Namun ada beberapa orang yang setelah “Oke,” ada pikiran yang gak berhenti kepikiran tentang keberadaan si teman-teman. Terkadang kalimat “Kabarin ya kalo udah sampe,” itu bukan sekadar basa-basi. Ada orang-orang yang bisa secemas itu lho. Termasuk saya. Setiap saya tahu teman saya hendak bepergian, dengan pesawat, atau kereta, atau kapal, atau…

0
Read More

What are the benefits of reading books?

What are the benefits of reading books? Right now we are gonna talk about an important habit in our lives. Are you curious, what it is ?… (let me hear you whispering about the answer)… Yes, that’s right, “reading books”. Reading books is an activity which would bring a lot of changes in our lives. Why? Here are the reasons, according to the Academic Associates Prince George and Inspiration Boost:  Reading is important because it develops the mind. The mind…

0
Read More

The Types of Books to Help Overcoming Your Anxiety

References

Rooij, Sanne van. and Stenson, Anaïs. What is Anxiety?. Retrieved on 4 May, 2019 from: https://www.anxiety.org/what-is-anxiety
Stress. 2018. Retrieved on 5 May, 2019 from: https://www.mentalhealth.org.uk/a-to-z/s/stress
Michaelis, Ben. November 15, 2011. 3 Ways Stress Can Help Beat Anxiety. Retrieved on 3 May, 2019 from: https://www.huffpost.com/entry/stress-beats-anxiety_b_962643
Ali, Shainna. March 27, 2018. Are Adult Coloring Books Actually Helpful?. Retrieved on 5 May, 2019 from: https://www.psychologytoday.com/us/blog/modern-mentality/201803/are-adult-coloring-books-actually-helpful
Kuciapiński, M.J., 2014. The therapeutic and educational properties of fairytale therapy in the early stages of children’s development. Pedagogika Rodziny. De Gruyter (a PDF of an e-journal). 77 – 93. Retrieved on 5 May, 2019 from: https://www.degruyter.com

0
Read More

Pentingnya Mencintai Diri Sendiri

Pentingnya Mencintai Diri Sendiri Self love atau mencintai diri sendiri sering dianggap beberapa orang sebagai sifat egois ataupun narsis. Padahal sebenernya tidak, lho! Mencintai diri sendiri berarti sebuah pemahaman terhadap diri kita sendiri. Bagaimana kita menerima, mencintai, dan memperlakukan diri sendiri. Menerima serta mencintai secara utuh keaudaan fisik, psikologis dan spiritual kita. Dan selalu ingin memperlakukan diri sendiri dengan baik. Sedangkan, egois merupakan sikap mementingkan diri sendiri tanpa memikirkan orang lain. Tidak peduli apakah sikap atau perilaku kita dapat merugikan…

0
Read More

Self Care Series #1: Get Some Sleep!

Self Care Series #1: Get Some Sleep! Here at Mentalization, we prioritize self care. With the responsibility that we are thrown every single day; work, studying, family, it is absolutely important that you take care of yourself first. So we will be starting a “Self Care Series” where we will share tips from our own team, from experts, and our amazing followers over at our Instagram. Our first tip and (possibly easiest) is to get some sleep! It can benefit…

0
Read More

Beginner’s Guide to Meditation

Beginner’s Guide to Meditation There are 22.3 million posts under the #meditation on Instagram. Search for #mindfulness and #affirmations and both resulted in 12 million posts. For the past few years, people have been thinking about limiting their social media use and incorporating more mindfulness to their day. I was a former meditation skeptic. Not that I don’t believe in it, I just think it wasn’t for me. I tried to meditate so many times: with apps, by myself, but…

0
Read More

© mentalization.id 2019