Hal Sederhana Ini Dapat Menjaga Lingkungan, Lho!

Kamu tahu gak sih, kalau manusia dan lingkungan menjadi dua komponen yang tidak bisa dipisahkan? Yap, keduanya selalu berdampingan dan saling mempengaruhi dalam kehidupan.

Manusia sangat tergantung pada keadaan tumbuh-tumbuhan, binatang, dan lingkungan fisik yang ada disekitarnya. Namun, seiring berjalannya waktu, lingkungan dapat mengalami perubahan atau bahkan kerusakan dalam proses interaksinya dengan manusia. Dampak perubahan lingkungan tersebut bisa negatif maupun positif.

Bagi kita yang tinggal di wilayah perkotaan seperti Jakarta, banyak perubahan yang terjadi pada lingkungan dari waktu ke waktu. Namun, tanpa disadari perubahan tersebut cenderung lebih banyak hal negatif. Misalnya, kawasan pinggir sungai yang berubah menjadi pemukiman warga. Padahal, pinggiran sungai tersebut dapat ditumbuhi pepohonan rindang. Kemudian, banyaknya orang yang membuang sampah sembarangan ke sungai, sehingga terjadilah banjir saat musim penghujan. Dan lain sebagainya.

Kamu gak mau kan lingkungan sekitar kita rusak sehingga menyebabkan gangguan terhadap kesimbangan ekosistem? Nah, sebenarnya kita bisa lho, menjaga lingkungan dari kerusakan dengan cara sederhana.

Berikut ini beberapa tindakan yang mudah untuk kamu lakukan dalam menjaga lingkungan:

1. Membuang sampah pada tempatnya

Hal yang paling mudah dilakukan namun sering dianggap sepele ini sebenarnya berperan besar terhadap lingkungan, lho. Sampah yang dibuang pada tempatnya memudahkan petugas kebersihan untuk mengangkutnya ke tempat pembuangan akhir. Kemudian sampah itu akan diolah lagi, atau dihacurkan, dan dibentuk kembali agar menjadi bahan yang berguna. Marilah biasakan diri untuk membuang sampah di tempatnya agar hidup kita sehat dan bersih.

2. Berkebun di rumah

Dengan berkebun atau menanam dan merawat tumbuhan di rumah, akan menumbuhkan kesadaran mencintai alam. Tak hanya dalam keluarga, kesadaran mencintai alam juga bisa memengaruhi warga sekitar. Rumah yang terdapat banyak tumbuhan akan terlihat segar dan asri. Selain itu, merawat tumbuhan/berkebun di rumah juga melatih kesabaran serta keuletan.

3. Mengganti kantong plastik dengan tas belanja kain

Penggunaan kantong plastik dalam kehidupan sehari-hari memang pilihan yang mudah dan praktis. Bahannya yang tahan air, tidak mudah robek dan mudah didapat menjadi pilihan banyak orang untuk menggunakan plastik dalam berbagai hal. Padahal sebenarnya plastik memiliki dampak yang buruk bagi lingkungan apabila sudah tidak digunakan lagi. Sampah plastik berdampak buruk bagi lingkungan karena sifat plastik yang memang susah diuraikan oleh tanah meskipun sudah tertimbun bertahun-tahun. Jadi, untuk mengurangi penggunaan plastik yang dapat merusak lingkungan, yuk mulai menggantinya dengan tas kain/tote bag saat berbelanja.

4. Menggunakan sedotan stainless steel sebagai ganti sedotan plastik

Dengan mulai mengganti sedotan plastik dengan sedotan berbahan stainless steel bisa mengurangi sampah plastik. Selain sulit untuk diuraikan, ternyata penggunaan sedotan plastik juga tidak baik bagi kesehatan.

Sedotan plastik terbuat dari senyawa polietilen yang mengandung bahan kimia berbahaya dan menyebabkan timbulnya penyakit.

Menurut Priya Bharma selaku kepala ahli nutrisi dari Sri Balaji Action Medical Institute yang dikutip dari detikfood.com, sebagian besar sedotan plastik mengandung plastik berbasis minyak bumi yang disebut polypropylene dan Bisphenol A (BPA). Kandungan tersebut dapat dengan mudah membasahi bahan kimia dalam cairan. Terutama jika sedotan digunakan dalam minuman panas yang dapat melelehkan plastiknya. Bahan kimia plastik ini diketahui dapat menyebabkan obesitas, dalam beberapa kasus bahkan dapat menyebabkan kanker.

5. Menghemat penggunaan listrik

Aktivitas sehari-hari kita tak lepas dari listrik. Penggunaan lampu untuk penerangan, mesin cuci, dan mencharger handphone untuk komunikasi. Diperkirakan sekitar 90% pembangkit listrik bersumber dari bahan bakar minyak dan batu bara. Karena energi listrik berasal dari perut bumi, dan bila dieksploitasi secara berlebihan dan terus menerus akan mengakibatkan kerusakan pada bumi. Maka, kita harus menghemat penggunaan listrik. Kamu bisa mulai dengan hal-hal kecil seperti, mematikan TV, kipas angin, atau lampu apabila telah selesai digunakan.

Yuk, biasakan diri melakukan tindakan sederhana di atas untuk menjaga lingkungan tetap lestari.