“Gue berangkat nih ke Jogja!”

Otw rumah lo,”

“Masih di stasiun nih, keretanya belum dateng,”

Mungkin untuk beberapa orang, kalimat ini udah cukup kalau dibales dengan kata-kata “Oke,” doang. Namun ada beberapa orang yang setelah “Oke,” ada pikiran yang gak berhenti kepikiran tentang keberadaan si teman-teman. Terkadang kalimat “Kabarin ya kalo udah sampe,” itu bukan sekadar basa-basi. Ada orang-orang yang bisa secemas itu lho.

Termasuk saya. Setiap saya tahu teman saya hendak bepergian, dengan pesawat, atau kereta, atau kapal, atau jalan kaki, atau naik motor, dan sebagainya, saya memastikan kode keberangkatan atau plat nomor motor dan ketibaan mereka di tempat tersebut. Ada kekhawatiran tersendiri kalau saya tidak tahu mereka sudah sampai rumah atau belum. Buat saya keselamatan mereka itu penting.

Hal ini saya terapkan juga ketika saya bepergian. Saya pasti menscreen capture pesanan ojek online saya dan mengirimkannya kepada seseorang dan biasanya orang yang akan saya temui. Untungnya lagi sekarang sudah ada fitur real time tracking di salah satu aplikasi ojek online. Masalah teman saya itu betulan mengecek atau tidak, itu bukan urusan saya. Namun, setidaknya kalau saya kenapa-kenapa, mereka lah yang memegang informasi terakhir tentang saya.

Beberapa waktu lalu juga sempat ada kecelakaan pesawat. Saya mendapati ada salah satu kenalan saya yang kehilangan anggota keluarganya di kecelakaan pesawat tersebut. Hal seperti itu membuat saya semakin khawatir dengan segala jenis mode transportasi.

Parahnya kecemasan ini terkadang bisa membuat seseorang tidak bisa berfungsi dengan baik. Seharusnya ia bisa mengerjakan tugas, bisa menonton film, bisa menyelesaikan pekerjaan, namun karena ketidaktahuan dan kecemasan tersebut jadi tertunda. Mungkin memberikan kabar tentang kepulangan kalian adalah hal yang sepele bagi kalian, tapi tidak bagi beberapa orang.

Jangan anggap remeh kalimat “Kabarin ya,”. Ada orang-orang yang bergantung dengan kabar dan keselamatanmu untuk bisa melanjutkan harinya. Hal sederhana yang bisa kalian lakukan adalah beri kabar.

“Udah sampe kok. Thank you ya,