Photo Credit: Victor Freitas

Belajar di Luar Kelas

Dari Senin sampai Jumat, kalian sudah masuk sekolah dari pagi sampai siang. Belum lagi kalau kalian ikut bimbingan belajar atau di luar sekolah. Sudah pasti rasanya jenuh, pusing, dan capek bukan main. Rutinitas memang perlu, tapi perlu juga sesekali diotak-atik. Salah satu cara mengotak-atik rutinitas adalah dengan belajar.

  Hah? Belajar lagi? Gak salah tuh???

Belajar yang dimaksud adalah belajar hal lain selain hal-hal akademik. Contohnya kalau kalian suka musik, coba-coba autodidak sembari nonton video online, atau kalian mau les, silakan. Contoh lainnya lagi kalau kalian suka bahasa asing, coba download aplikasi bahasa asing atau bisa juga les.

Selain itu jangan lupa juga di beberapa sekolah ada kegiatan ekstrakurikuler, misalnya: paduan suara, teater, Paskibra, pencak silat, kelompok ilmiah, dan lainnya. Manfaatin deh fasilitas ekstrakurikuler di sekolah kalian untuk mengasah skill dan menambah ilmu juga. Keterlibatan kalian di kegiatan ekstrakurikuler bisa juga menambah kenalan dan teman antar kelas dan antar angkatan, lho!

Kalau mau lebih menantang, banyak juga sekarang website-website yang menyediakan kelas online untuk berbagai bidang. Kalian bisa belajar coding, atau design, atau menulis, bahkan hal-hal yang terkait dengan pelajaran di sekolah kalian seperti anatomi, atau kebudayaan. Contoh-contoh website yang bisa kalian tengok adalah Coursera, edX, Udemy, FutureLearn, dan lainnya. Kelas-kelas online yang mereka berikan ada yang gratis dan berbayar. Biasanya dengan membayar, kalian bisa mendapatkan sertifikat betulan. Namun, walaupun kalian tidak membayar, ilmu yang sudah kalian dapatkan dari online courses sudah sangat berharga. Ilmu apapun, akan menambah value kalian sebagai individu, lho.

  Tapi capek, ah, harus konsentrasi lagi. Nyatet lagi, mini quiz lagi.

Coba jadi relawan deh! Pelajaran yang bisa diambil dari menjadi relawan mungkin tidak kasat mata, tapi pelajaran soft skill tidak kalah penting. Dengan menjadi relawan kalian akan terpaksa bekerja dengan orang yang mungkin tidak kalian kenal sebelumnya. Otomatis kalian harus cepat beradaptasi. Belum lagi kalau tiba-tiba di event outdoor, hujan deras. Kalian harus belajar gesit dan auto-gotong royong memindahkan kursi-kursi atau memastikan tim kalian sudah neduh dengan aman dan gak terpencar. Selain itu bisa juga belajar berkomunikasi. Bagaimana berkomunikasi dengan kepala divisi atau divisi lain dan sebagainya.

Mulailah juga nonton video online yang bermanfaat. Sekalipun itu video wawancara, mungkin ada aspek-aspek yang sangat bermanfaat untuk kalian ketahui. Atau bisa juga mendengarkan podcast di perjalanan berangkat atau pulang sekolah.

Sudah banyak konten bermanfaat di internet yang mampu mengembangkan kalian sebagai manusia. Jemputlah ilmu-ilmu itu dimana pun mereka berada.