Manfaat Aktif di Luar Kampus

Kuliah menjadi ajang bagi mahasiswa dalam mengembangkan potensi dalam diri. Banyak mahasiswa berpartisipasi aktif dalam berbagai organisasi kampus, seperti UKM dan HMJ. Namun, tidak sedikit juga mahasiswa yang tidak berpartisipasi sama sekali dalam kegiatan kampus. Mahasiswa yang seperti itu biasa dicap sebagai mahasiswa kupu-kupu, alias mahasiswa yang kerjaannya hanya pulang-pergi saja.

Eits jangan salah ya guys, sebenarnya pengembangan diri dapat dilakukan tidak hanya di kampus loh, tetapi juga di luar kampus. Pengembangan diri di luar kampus dapat kamu peroleh dengan mengikuti program magang atau bekerja sebagai part-timer. Bahkan dengan kedua cara itu kamu dapat memperoleh banyak manfaat.

Penasaran? Yuks simak ulasan di bawah ini.

Mengembangkan Soft Skills

Menjadi intern atau part-timer bukanlah hal yang baru. Tidak sedikit mahasiswa yang ikut program magang atau part-time. Keduanya dapat membantu kamu dalam mengembangkan soft skills yang berkaitan langsung dengan dunia kerja, seperti leadership dan communication. Untuk memiliki leadership dan communication skill yang baik, maka tentunya perlu terjun langsung ke lapangan, yaitu dengan bekerja. Magang atau part-time di perusahaan mengharuskan dirimu bekerja dengan berbagai macam orang, berarti secara tidak langsung kamu akan menempa soft skills. Kamu tidak dapat seenaknya bekerja seperti di dalam kerja kelompok di kampus, kamu harus pandai memimpin dan berkomunikasi dengan rekan kerjamu.

Soft skills yang kamu peroleh nantinya dapat membantu kamu tidak hanya dalam bekerja tetapi juga dalam kehidupan kampus.

Menambah Pengalaman

Magang dan part-time dapat memberikan pengalaman tambahan yang bermanfaat setelah kamu lulus. Banyak dan lamanya program magang ataupun part-time yang kamu ikuti nantinya dapat menjadi data tambahan di resume dan membuatmu menjadi pertimbangan bagi pihak HRD perusahaan ketika kamu melamar pekerjaan. Pihak HRD akan menganggap kamu sebagai orang yang sudah memiliki pengalaman kerja. Selain itu, Pengalaman dari magang dan part-time juga dapat membantu kamu beradaptasi dan meraba situasi serta kondisi kerja di perusahaan, sebab kamu sudah paham budaya dan etika kerja.

Di samping menambah pengalaman, magang dan part-time juga jadi peluang kamu untuk menambah uang jajan loh.

Menjalin Koneksi

Bekerja sebagai intern atau part-timer bukan hanya sekedar bekerja saja, tetapi juga menjadi peluang untuk menjalin koneksi dengan rekan kerja yang memiliki  pengalaman lebih dari kamu. Koneksi itu akan menjadi peluang kamu di masa depan nanti. Apalagi, jika kinerjamu bagus tak ayal perusahaan akan melirik dan mempertimbangkan dirimu sebagai calon pegawai tetap.

Jadi, tidak semua mahasiswa yang tidak aktif di kampus adalah mahasiswa kupu-kupu. Aktif di luar kampus ternyata memiliki banyak manfaat kan, Selain mengasah potensi diri juga membuka peluang besar di dunia kerja.

Gambar: Pinterest