Mulai Baca Buku, yuk!

Buku adalah jendela dunia. Dari buku, kita bisa mendapatkan berbagai informasi tentang berbagai hal, karena buku dewasa ini memiliki banyak jenis, baik itu novel, komik, majalah, koran bahkan textbook atau buku pelajaran, yang asyik untuk dibaca.

Kenapa, sih, buku asyik untuk dibaca? Karena buku apapun kini memiliki banyak genre juga yang bisa memberikan ilmu! Jangan salah, bahkan buku-buku ber-genre fiksi pun, bisa memberikan ilmu juga, lho! Biasanya berupa pesan moral, tapi ada juga buku dengan genre fiksi yang bersifat melatih otak, seperti novel fiksi misteri, riddles, atau crime solving. Dan buku bersifat genderless, tanpa memandang jenis kelamin, setiap orang berhak membaca buku. Pria membaca majalah tentang memasak atau fashion, atau wanita membaca majalah tentang otomotif atau teknologi, itu bukan sesuatu hal yang salah. Terlebih kalau kita memang minat pada bidang itu. Informasi yang ada di dunia ini, itu fleksibel. Setiap orang berhak untuk mengambil informasi yang menurut mereka menarik atau berguna. Karena itulah membaca buku memiliki manfaat yang bagus!

Membaca buku juga bisa menjadi salah satu cara untuk meditasi, lho! Karena buku tidak hanya memiliki bacaan “berat”, tapi ada juga yang “ringan”. Berat dan ringan di sini, bisa dilihat dari bahasa yang dipakai oleh penulis, atau topik/genre yang diangkat. Nah, kalau ingin melepas stres, bisa memilih bacaan-bacaan ringan, seperti cerita-cerita pendek, atau novel yang mengangkat tema slice of life seperti contohnya Chicken Soup. Jadi sekaligus meditasi, kita juga bisa mendapatkan pelajaran berharga! Siapa tahu, ada orang yang memiliki permasalahan yang sama dengan kita, dan kita bisa mendapatkan informasi untuk menghadapi, atau lebih baik, melawannya. Karena dari cerita yang dibaca, perasaan, cara pandang, dan cara berfikir seseorang itu bisa berubah. Membaca juga mampu membuat kita terhindar dari hoax, lho!

Terdengar seru, ya? Lalu bagaimana caranya kalau ingin memulai membaca? Here are some tips that I would like to recommend.

  • Mencari bacaan

Tidak perlu langsung membaca yang berat, kita bisa mulai dengan mencari cerita-cerita pendek yang ada di search engine. Dari sana, perlahan kita bisa menentukan tema-tema atau genre bacaan apa yang kita sukai atau yang menarik minat kita. Lakukan saja bertahap, dari cerita pendek sebanyak satu atau dua halaman, lalu ke buku-buku tipis, baru mulai membaca buku-buku yang lebih tebal. Tidak perlu buru-buru, atur saja porsi membaca yang diinginkan dan nikmati alur tulisan yang dibuat oleh penulis!

  • Mencari tempat untuk membaca

Setelah menemukan bacaan yang ingin kita baca, pilih tempat untuk membacanya. Kita bisa mulai pilih dari tempat yang bisa membuat pikiran dan tubuh kita santai. Bisa di perpustakaan, suasananya yang sunyi dan pilihan buku yang beragam bisa membuat kita lebih konsentrasi dengan tulisan yang dibaca. Atau di kamar, sambil melepas lelah setelah bekerja, atau di café dengan nuansa cozy sambil nongkrong dan minum secangkir teh atau kopi. Lalu, putar musik yang tenang, seperti instrumental, jika kamu adalah seseorang yang suka mendengarkan musik. Makanan ringan atau minuman hangat juga bisa menjadi teman membaca, lho! Intinya, saat membaca, surround yourself with things that make you relax. Buat atmosfer di sekitar kamu senyaman mungkin, sesuai dengan selera kamu.

The last and most important thing untuk memulai membaca adalah niat, karena kalau tidak ada niat untuk membaca, sebanyak apapun waktu yang kita punya, kita tidak akan mulai membaca. Padahal akses pada buku itu sekarang ini sangat mudah. Tidak hanya buku printed out yang ada di toko buku, tapi juga sudah beredar e-book bahkan website yang memuat bacaan-bacaan menarik yang tinggal diketikkan pada laman browser di ponsel kita.

Lalu, kalau kita sedang membaca sebuah buku tebal, namun bosan di tengah-tengah, gimana? No need to worry, kamu bisa put that book aside for awhile, lalu refresh pikiran kamu dengan bacaan ringan. It’s not a sin to cheat on a book you know, hihi. Nanti setelah rasanya pikiran sudah lebih terang, sudah lebih ringan, baru kembali ke buku yang tadi. There’s no rules on reading a book, do it in your most comfortable way! Jadi yuk, start pick up a book, and read it!