Pentingnya Mencintai Diri Sendiri

Self love atau mencintai diri sendiri sering dianggap beberapa orang sebagai sifat egois ataupun narsis. Padahal sebenernya tidak, lho!

Mencintai diri sendiri berarti sebuah pemahaman terhadap diri kita sendiri. Bagaimana kita menerima, mencintai, dan memperlakukan diri sendiri. Menerima serta mencintai secara utuh keaudaan fisik, psikologis dan spiritual kita. Dan selalu ingin memperlakukan diri sendiri dengan baik.

Sedangkan, egois merupakan sikap mementingkan diri sendiri tanpa memikirkan orang lain. Tidak peduli apakah sikap atau perilaku kita dapat merugikan orang lain.

Lalu, seberapa penting kah self love tersebut?

Sebenarnya, self love merupakan kunci pertama kebahagiaan dalam hidup kita. Dengan mencintai diri sendiri, kita akan memiliki pandangan hidup yang lebih positif. Ya, dengan kita belajar menerima kekurangan dan kelebihan dalam diri, kita akan merasa lebih bersyukur. Kita tidak akan terus terpaku dengan kekurangan tersebut. Justru bersyukur karena dibalik itu semua masih ada kelebihan. Sehingga perasaan bahagia dapat tercipta secara sederhana.

Kita juga akan menjadi pribadi yang lebih berpusat pada tujuan dan nilai-nilai hidup kita, serta berusaha memenuhi hidup melalui upaya kita sendiri. Sehingga, tidak akan membandingkan kehidupan dengan orang lain yang membuat kita minder dan merasa tidak mampu.

Dengan self love, kita akan terhindar dari stress dan lebih bahagia menjalani aktivitas sehari-hari. Misalnya, dalam menghadapi masalah kita akan lebih terkontrol dan percaya pada diri sendiri bahwa semua dapat dilewati. Bukan malah terpaku pada masalah dan malah menyakiti diri sendiri dengan cara mengurung diri di kamar, tidak memperhatikan pola makan, dan bahkan melakukan self harm.

Bisa dibayangkan, jika kita tidak mencintai diri kita sendiri. Kita tidak berani menolak ajakan orang-orang sekitar yang membawa dampak negatif, contohnya bermalas-malasan atau bahkan bergosip. Jika kita tidak menyingkir, diri kita akan terus terjerumus dalam lingkungan atau hubungan yang toxic tersebut. Karena kita sudah paham bagaimana cara memperlakukan diri kita dengan baik. Dan membedakan mana yang salah dan benar.

Terkadang, proses menuju self love ini memang membutuhkan proses yang panjang. Namun, berikut ada beberapa cara yang dapat diterapkan dalam mewujudkan cinta terhadap diri sendiri, seperti yang dikutip dari PsychologyToday.com:

1. Penuh perhatian terhadap diri sendiri. Orang yang memiliki lebih banyak cinta diri cenderung tahu apa yang mereka pikirkan, rasakan, dan inginkan. Ketika kita memperhatikan siapa diri kita. Kita akan bertindak berdasarkan pengetahuan ini, bukan pada apa yang orang lain inginkan dari kita.

2. Bertindak berdasarkan apa yang kita butuhkan daripada apa yang kita inginkan. Dengan tetap fokus pada apa yang diri sendiri butuhkan, kita akan memiliki pendirian yang kuat, fokus, dan bergerak maju untuk mewujudkan tujuan hidup.

3. Merawat diri dengan baik. Kita akan lebih mencintai diri sendiri, ketika merawat kebutuhan dasar kita dengan lebih baik. Orang yang mencintai diri sendiri memberi makan setiap hari melalui aktivitas yang sehat, seperti nutrisi yang sehat, olahraga, tidur yang nyenyak, dan interaksi sosial yang sehat.

4. Tentukan batas. Kita akan lebih mencintai diri sendiri ketika kita bisa mantap untuk menetapkan batasan atau mengatakan tidak untuk pekerjaan, cinta, atau kegiatan yang menghabiskan atau membahayakan diri secara fisik, emosional dan spiritual.

5. Lindungi diri sendiri. Dalam hal ini maksudnya, kita harus bisa memilah serta memilih siapa orang yang tepat dalam hidup kita. Lindungilah diri kita dari pengaruh buruk dari hubungan sosial yang tidak sehat. Seperti teman yang lebih membawa dampak ke arah negatif.

6. Maafkan diri sendiri. Kita harus menerima bahwa diri kita bukanlah manusia yang tidak sempurna. Berlatihlah untuk tidak terlalu keras memaksaan apa yang diri kita tidak sanggup menanggungnya. Jangan terus terpaku dalam kesalahan-kesalahan dalam hidup. Kegagalan atau kesalahan ada untuk diambil pelajarannya.

Yuk, mulai nikmati dan pandanglah hidup secara positif dengan lebih mencintai diri sendiri. Dengan self love, kita juga dapat memberikan dampak yang baik bagi lingkungan sosial sekitar seperti membuat teman dekat kita mengekspresikan diri mereka dengan cara yang sama.